Class of Information Literacy


Information literacy atau literasi informasi merupakan sebuah kemampuan yang dimiliki individu dalam menentukan, mencari, mengelola, mengevaluasi informasi secara efektif dan efisien. Secara umum istilah ini merupakan sebuah skill individu untuk dapat memastikan dirinya well-informed. Di perguruan tinggi pada umumnya, perpustakaan memiliki peran membantu Universitas melakukan pelatihan pada setiap mahasiswa/i untuk mempelajari secara mendalam mengenai literasi informasi. Hal tersebut dimaksudkan selain untuk mendukung kegiatan pembelajaran mahasiswa/i tersebut namun juga dimaksudkan untuk menumbuhkan awareness yang mendalam akan sebuah informasi. Mengapa informasi begitu penting ? Hal tersebut mengingat setiap proses pengambilan keputusan, seorang individu tidak serta merta memutuskan berdasarkan apa yang dia inginkan namun juga didasarkan pada banyaknya informasi yang relevan berkaitan masalah yang tengah dihadapinya selain dari pada pengalaman yang ia miliki.

Perpustakaan UMN dalam hal ini memiliki komitmen yang tinggi untuk memfasilitasi kebutuhan informasi mahasiswa dengan memberikan pelatihan mengenai literasi informasi. Model yang dijadikan modul pelatihan dari literasi informasi merupakan The Big 6. Model ini secara umum menjabarkan  6 proses dan tahapan penelusuran informasi yang dianggap sesuai dengan kebutuhan mahasiswa/i. Proses ini mencakup defining task, strategy, location and access, using the information, synthesis, evaluation. Tahapan tersebut dianggap efektif untuk dipahami dan dipelajari bagi mahasiswa/i dalam mendukung kegiatan perkuliahan yang seringkali bahkan menjadi sebuah keharusan untuk menjabarkan pernyataan ilmiah berdasarkan informasi yang tepat dari sebuah sumber yang didapat melalui pencarian informasi yang secara kaidah baik dan benar. Selain memberikan pelatihan mengenai literasi informasi, perpustakaan juga menambahkan modul lain dalam pelatihan yaitu mengenai sosialisasi perpustakaan UMN, sitasi, plagiarisme, sumber-sumber informasi, invisible web, dan kualitas informasi. Maka dari itu mahasiswa diharapkan dengan rasa ingin tahu memanfaatkan kesempatan pelatihan gratis ini sebaik mungkin. Adapun mahasiswa/i yang dapat mengikuti kelas ini adalah mereka yang sesuai dengan ketentuan dibawah ini :

Ketentuan Mengikuti Kelas Literasi Informasi :

1. Mahasiswa aktif UMN

2. Melakukan registrasi kelas literasi informasi melalui reservasi kelas yang telah tersedia di website perpustakaan

3. Memastikan jumlah rekan yang melakukan reservasi berjumlah 5 orang untuk memastikan proses pembelajaran berjalan efisien bagi pihak trainer dan mahasiswa

4. Mendatangi kelas yang telah ditentukan sesuai waktu yang tercantum di website

5. Membawa laptop (konfirmasi sebelum memulai kelas kepada trainer) ataupun alat tulis

6. Tidak diperkenankan untuk mengajak rekanan selain daripada mahasiswa/i UMN




There isn't any upcoming classes yet.

2015 © Universitas Multimedia Nusantara Library. All Rights Reserved.

Universitas Multimedia Nusantara
Jl. Boulevard Gading Serpong, Tangerang, Banten, Indonesia
(T)+62 21 5422 0808; (F)+62 21 5422 0800
[email protected]

Connect with us on: