Friends of The Library


10429445_609351185858677_1243583536630188836_n_1_1_1.jpg 

Friends of the Library atau biasa disingkat FLY dibangun oleh Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) sejak tahun 2011. Fly dikembangkan dengan dengan tujuan menjalin sinergi antara mahasiswa, staf dan dosen UMN; membentuk komunitas yang berperan menguatkan posisi dan peran perpustakaan di dalam dan luar UMN; dan melakukan berbagai kegiatan seperti seminar, bedah buku, workshop, pameran dalam upaya promosi perpustakaan. 

Sejarah berdirinya FLY dimulai ketika beberapa mahasiswa/i melakukan beberapa proyek dengan perpustakaan. Seiring dengan berjalannya waktu FLY tumbuh dan berkembang menjadi komunitas dan wadah kegiatan volunterism bagi mahasiswa untuk perpustakaan. FLY dengan sukarela membantu mengembangkan pepustakaan. Kegiatan ini seringkali disebut dengan istilah social works. Program social works ini kerap kali membantu perpustakaan menjalankan program-program dalam divisi layanan perpustakaan dan pengembangan koleksi. Sejak berdiri tahun 2011, FLY telah mengalami pergantian pemimpin sebanyak dua kali. Pertama kali berdiri, FLY dipimpin oleh Christian Orvin mahasiswa Sistem Komputer angkatan 2012 dan pada saat ini diketuai oleh Andrew Tirto Kusumo mahasiswa Sistem Komputer angkatan 2014.

Setiap mahasiswa/i diluar FLY yang ingin bergabung diperkenankan untuk menjadi anggota aktif.

Ketentuan menjadi anggota FLY :

1. Merupakan mahasiswa/i aktif UMN.

2. Mengkonfirmasi kesediaan untuk menjadi anggota FLY melalui staf perpustakaan dengan mengkontak [email protected].

3. Hadir dalam pertemuan anggota setiap hari Rabu, pukul 17.00 wib di perpustakaan.

4. Berkontribusi dalam program-program FLY khususnya dan perpustakaan umumnya.

 

Keuntungan menjadi anggota FLY :

1. Dapat menjadi ambassador perpustakaan UMN.

2. Dapat melihat buku yang akan dikeluarkan di perpustakaan.

3. Memiliki pengetahuan tentang perpus yang lebih dibanding orang lain.

 

Kegiatan FLY  :

1. Rak UMN

RAK UMN bertujuan untuk sharing knowledge mengenai isi dari sebuah buku secara ringkas dengan memberikan saran terkait tentang kelebihan dan kekurangan sebuah buku dari penulisnya kepada audiens di UMN. Rak UMN ini dikemas dengan menggunakan konsep talk show, dimana audiens dapat bertemu langsung dengan penulis untuk mengupas lebih jauh mengenai sebuah buku. RAK UMN dimaksudkan sebagai sarana agar mahasiswa UMN dapat meningkatkan minat baca terhadap buku-buku yang ada di perpustakaan dan menjadi jembatan bagi mahasiswa yang tertarik untuk menerbitkan buku.

2. Book Fair UMN

Acara ini diadakan untuk menjadi pusat promosi buku dan perpustakaan serta pusat kegiatan literasi bagi mahasiswa baru. Book Fair juga bertujuan untuk menjalin kerjasama yang baik antara perpustakaan, penerbit, distributor, toko buku dan pemustaka. Acara ini diharapkan memberi dampak yang bagus bagi keluarga UMN dan para penerbit.

3. Library's Theme Week

Banyak sekali acara UKM yang diadakan di UMN. Perpustakaan akan berkolaborasi dengan beberapa UKM. Perpustakaan akan didesain untuk mengikuti beberapa tema UKM tersebut dan memajang beberapa buku berkaitan dengan tema tersebut seminggu penuh.