Studi Banding Perpustakaan UMN ke UNDIP dan Unika Soegijapranata Semarang



Posted on : January-05-2017
Category  : Studi Banding, Perpustakaan, Institusional Repository

 P1013599_1.JPG

 

Pada tanggal 19 Desember 2016 yang lalu, Perpustakaan UMN melakukan studi banding ke UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro (UNDIP) dan Unika Soegijapranata Semarang guna mempelajari berbagai hal terkait dengan pengembangan perpustakaan pada umumnya dan pengembangan repositori institusi serta reference manager pada khususnya.

Kunjungan pertama ke Perpustakaan UNDIP disambut oleh Kepala UPT Perpustakaan UNDIP, Bapak Budi Setya Adhi, S.IP., MA, dalam sambutannya beliau menjelaskan mengenai kondisi saat ini di UPT Perpustakaan UNDIP dalam hal sumber daya manusia, fasilitas, koleksi, e-resources serta pengembangan repositori institusi. Sebagai Peringkat 1 Indonesia, 1 Asean, 4 Asia dan 102 Dunia untuk Ranking Web of Repositories versi webometrics Juli 2016, administrator Institutional Repository Bapak Sugeng Priyanto, S.S, M.IP menjelaskan tahapan dan perjuangan yang harus dilakukan untuk membangun repositori institusi tersebut hingga bisa mendapatkan peringkat 1 untuk web ranking webometrics di Indonesia. Pemeringkatan webometrics ini bertujuan untuk menakar komitmen perguruan tinggi dalam mempublikasikan hasil karya ilmiah serta aksesibilitas web perguruan tinggi. Kolaborasi dengan berbagai pihak terkait seperti IT, fakultas, prodi, jurusan, dosen, mahasiswa dan terutama pimpinan sangat diperlukan untuk mencapai peringkat pertama tersebut.

Kunjungan selanjutnya ke Perpustakaan Unika Soegijapranata, dalam kunjungan ini kami disambut oleh Kepala Perpustakaan Ibu Rikarda Ratih Saptaastuti, S.Sos. Dalam sambutannya beliau menekankan bahwa perpustakaan memegang peran penting dalam Perguruan Tinggi, saat ini fungsi perpustakaan bukan sebagai hiasan universitas, perpustakaan tidak hanya sekedar melayani peminjaman dan pengembalian buku akan tetapi lebih kepada mitra belajar mahasiswa. Dalam hal ini mengarah kepada fungsi perpustakaan sebagai Reference Manager yaitu mengajarkan mahsiswa agar tidak terjebak dalam tindakan plagiasi yang tidak disengaja karena kurang hati-hati dalam membuat sebuah sitiran serta mengolah dokumen referensi yang dicantumkan menjadi sebuah daftar pustaka yang dapat dipertanggung jawabkan keasliannya.

Dalam kunjungan tersebut juga dilakukan sharing knowledge dan tanya jawab mengenai kondisi perpustakaan masing-masing. Acara kunjungan diakhiri dengan serah terima cindera mata dan library tour ke masing-masing bagian dan layanan yang ada di UPT Perpustakaan UNDIP serta Unika Soegijapranata.


20170105111414_save__7_.jpgP1013594_1.JPG

 


 





Share this article

2015 © Universitas Multimedia Nusantara Library. All Rights Reserved.

Universitas Multimedia Nusantara
Jl. Boulevard Gading Serpong, Tangerang, Banten, Indonesia
(T)+62 21 5422 0808; (F)+62 21 5422 0800
library@umn.ac.id

Connect with us on: