Peresmian BI Corner & Talkshow



Posted on : July-27-2017
Category  : Kerjasama Perpustakaan, Talkshow, Literasi Keuangan

con_bicorneresmi.png

BI Corner merupakan pojok baca yang dihibahkan kepada perpustakaan diseluruh wilayah di Indonesia sebagai bagian dari program Corporate Social Responsibility yang bertajuk "Indonesia Cerdas". Program ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat Indonesia melalui buku-buku dan literatur perekonomian, keuangan dan perbankan.

 

Pada tanggal 21 Februari 2017, Bank Indonesia dalam hal ini diwakili oleh Dyah Wulandari selaku Asisten Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia telah meresmikan BI Corner di Perpustakaan UMN. BI Corner UMN merupakan aktivasi BI Corner yang ke-6 yang diresmikan di tahun 2017 untuk tingkat universitas. Hingga saat ini, Bank Indonesia telah menghibahkan pojok baca sebanyak 652 BI Corner di seluruh wilayah Indonesia.  Dalam 3 tahun mendatang diharapkan 1000 BI Corner dihibahkan baik untuk institusi pendidikan tinggi, menengah maupun usia dini.


Peresmian BI Corner ini ditandai dengan pemotongan pita dan potong tumpeng oleh Asisten Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Dyah Wulandari didampingi oleh Ninok Leksono selaku Rektor UMN. Selain pemotongan pita dan potong tumpeng, dalam peresmian ini juga diselenggarakan talkshow bertema "Menepis Hoax Uang Rupiah" yang dibawakan oleh Darmawan Tohap Hutabarat selaku Kepala Tim Penanggulangan Uang Palsu Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia serta Eko Endarto dosen pengajar Prodi Akuntansi UMN selaku moderator.

 

Dalam talkshow ini, Tohap mengupas tuntas berita-berita bohong yang beredar di masyarakat terkait penerbitan uang rupiah pada akhir 2016 lalu. Tohap menjawab pertanyaan audiens mengenai beberapa berita hoax terkait rupiah seperti, unsur pengaman rectoverso atau gambar saling isi yang mirip dengan simbol palu arit PKI, warna uang rupiah 2016 yang mirip Yuan, uang rupiah yang dicetak di PT. Pura Barutama (PBT) di Kudus serta Pemilihan Pahlawan Nasional dan Penetapan Gambar Pahlawan pada uang Rupiah TE.2016. Talkshow yang dihadiri oleh kurang lebih 150 mahasiswa dan dosen dari berbagai program studi yang ada di UMN ini telah memberikan pengetahuan tersendiri terkait literasi keuangan yang disampaikan oleh Bank Indonesia. (*)

_MG_0846.JPG_MG_0847.JPG


 



Share this article

2015 © Universitas Multimedia Nusantara Library. All Rights Reserved.

Universitas Multimedia Nusantara
Jl. Boulevard Gading Serpong, Tangerang, Banten, Indonesia
(T)+62 21 5422 0808; (F)+62 21 5422 0800
[email protected]

Connect with us on: